Beberapa Penyebab dan juga Solusi Sliding Door yang Tidak Normal

Furniture

Tanpa diimbangi dengan maintenance yang tepat, sliding door atau sleeding door seringkali mengalami kemacetan pada proses operasionanlnya

Semakin hari, penggunaan sliding door atau pintu geser semakin banyak dalam industri konstruksi dan furniture. Tidak hanya digunakan untuk pintu utama, kusen jendela, dinding kaca, atau pun etalase yang memang sudah umum menggunakan pintu geser berbahan dasar aluminium, namun produk furniture seperti pintu lemari, rak televisi, rak almari perabot juga sudah mulai populer menggunakan material utama aluminium.

Sliding Door yang Tidak Normal

Penggunaan sliding door aluminium yang semakin populer ini merupakan hasil reputasi dari kualitasnya yang memang tinggi. Selain menawarkan kesan yang lebih modern dan memiliki nilai estetika istimewa, aluminium sliding door juga efisien dan hemat dari sisi penggunaan tempat dan space ruangan. Dengan metode bukaannya yang mengadaptasikan dari teknik geser, maka mobilisasi pintu tidak akan menghabiskan banyak ruangan.

Pertimbangan lain yang membuat semakin populernya pintu kaca geser berbahan aluminium adalah dari sisi harga. Dengan semakin kompetitifnya harga sliding door memungkinkan masyarakat untuk dapat menggunakan model konstruksi model ini di rumah mereka. Jika sebelumnya material aluminium dan kaca selalu diidentikkan dengan harga yang tinggi lagi mahal, sekarang sudah semakin banyak pilihan yang memungkinkannya untuk diberlakukan berbagai jenis harga yang bahkan bisa dibilang cukup hemat.

Permasalahan yang Umum Ditemui Pada Pintu Geser Aluminium

Meskipun cukup praktis dan memiliki nilai estetis yang tinggi, bukan berarti sliding door aluminium terbebas dari masalah. Beberapa masalah yang umum ditemukan pada penggunaan pintu geser berbahan rangka aluminium atau kaca frameless adalah sebagai berikut:

  • Problem pada wheel bracket.

Untuk dapat digeser atau sleeding, pintu geser baik ia berbahan aluminium atau bukan harus dipasangi roda dan juga bracket trek yang merupakan sebagai media mobilitas pintunya. Tanpa adanya wheel sebagai perangkat utama penggerak pintu, proses sleed pintu tidak mungkin dapat dilakukan.

  • Problem pada jalur trek sleed

Masalah kedua yang umumnya sering ditemui pada sleeding door system adalah trek jalur yang menjadi wadah utama pergeseran pintu tidak simetris, tidak lurus, atau mungkin terganjal sesuatu.

Trek sleed yang terbentur dan membuatnya tidak mulus atau terdapat benda-benda kecil yang dapat menghalangi gerakan geseran pintu dapat menjadi problem yang serius serta menyebabkan tersendat.

trek sleed
Source: Wikihow.com

Kondisi trek sleed pada instalasi sleeding door harus senantiasa terjaga, karena jika tidak, tentu saja dapat menyebabkan masalah yang lebih serius seperti sticky, jammed, atau kemacetan

  • Problem pada balancing position

Hal terakhir yang umumnya ditemui pada sliding door aluminium adalah posisi keseimbangan yang tidak sesuai. Ini bisa disebabkan oleh media penempatan pintu geser yang memang tidak rata, atau bisa juga dikarenakan kualitas aluminium dan presisi pemotongan yang kurang pas.

Karena menjadi penting pula untuk dijadikan pertimbangan sebelum memilih pintu geser hanya berdasarkan harga semata. Karena percuma pula memilih harga sliding murah namun ternyata tidak dapat memenuhi ekspektasi dari sisi kualitasnya.

Langkah-langkah Memperbaiki Sleeding Door yang Bermasalah

Yang paling utama dari memperbaiki sliding door aluminium yang mengalami masalah adalah menemukan permasalahan inti yang menjadi penyebabnya. Ini membutuhkan ketelitian inspeksi untuk dapat menemukan problem sebenarnya dari sliding door yang mengalami kemacetan.

Secara sederhana langkah-langkah yang bisa diambil untuk memperbaiki sliding door yang bermasalah adalah sebagai berikut:

  • Inspeksi menyeluruh dan pemeriksaan semua bagian dari sliding door. Mulai dari kondisi wheel sleed, rel trek, hingga balancing posisi.
  • Setelah ditemukan problem yang merupakan cause utama dari kemacetan sliding door, langkah selanjutnya adalah repairing. Jika memungkinkan untuk diperbaiki, memperbaiki adalah yang terbaik.

kemacetan sliding door

Sebisa mungkin sleeding door dirawat dan diperbaiki jika ditemui ketidak normalan, karena penggantian tentu akan memakan biaya yang lebih mahal

  • Replacing atau penggantian. Jika bagian yg rusak tidak dapat lagi diperbaiki, maka jalan terakhir adalah penggantian. Rel trek, roda sleed, atau skrup dapat saja diganti jika memang tidak lagi bisa digunakan. Mengganti beberapa onderdil kecil jauh lebih murah daripada harus mengganti sliding door jenis aluminium yang baru.