Desain Ruang keluarga dengan Pemandangan Halaman

Furniture

Memiliki halaman luas di tengah banyaknya pengembangan area penghunian adalah sebuah berkah. Tidak semua rumah dapat memiliki lahan yang bisa disulap jadi kebun atau taman. Jadi, kalau ada area hijau yang menyegarkan seperti itu sangat disayangkan kalau tidak bisa dinikmati secara optimal. Merancang ruang keluarga dengan pemandangan ke halaman adalah solusinya.

Ruang keluarga

Desain Ruang Keluarga Menghadap Halaman

Ada trik untuk menciptakan area ruang keluarga dengan pandangan leluasa menghadap halaman. Penggunaan dinding kaca, kaca besar, pintu geser, dan fitur lainnya adalah beberapa penerapan ruang keluarga yang selain nyaman juga memanjakan mata dengan pemandangan ke halaman. Tentu mewujudkan keinginan tersebut bukan hal yang mudah karena ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

1. Gaya Interior Minimalis

Penggunaan material kaca tempered yang lebih tebal dari pada kaca biasanya adalah ciri material hunian minimalis. Jadi kalau mengadopsi interior minimalis maka akan sesuai dengan memiliki pemandangan langsung ke arah halaman dengan penerapan gaya tersebut. Hal ini dimaksudkan agar bentuk jendela atau pintu akan sesuai dengan keseluruhan interior dalam rumah. Dengan demikian keinginan menikmati pemandangan yang ada di halaman tidak bertabrakan dengan gaya interior yang sudah dipilih.

2. Menggunakan Pintu Kaca

Pintu Kaca

Tanpa harus membuka jendela atau pintu dengan menggunakan material kaca maka tidak ada yang menghalangin pandangan ke halaman. Baik pintu yang dibuka dengan cara dilipat atau digeser, fiturnya yang lebar dan besar dan tanpa sekat rapat jadi bentuk material yang diperlukan untuk dapat menikmati pemandangan di luar menghadap langsung pada ruang keluarga. Dengan membuka pintu dengan lebar-lebar maka bukan hanya dapat akses langsung ke pemandangan di halaman namun sekaligus bisa merasakan udara dari luar yang menyegarkan.

3. Pemilihan Material Tahan Perubahan Cuaca

Karena ditempatkan di luar maka pilihan material juga harus kuat untuk berbagai perubahan cuaca. Menggunakan pintu geser aluminium yang tidak akan berubah material, warna dan fungsi adalah pilihan paling tepat untuk menciptakan desain ruang keluarga yang pas. Material aluminium terkenal tahan air sehingga tidak akan rusak kala cuaca dengan hujan yang deras datang. Bahan ini juga tahan panas dan tidak memuai yang bisa merubah bentuk. Disuguhi pemandangan yang menyegarkan tentu menjadi elemen menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga dan orang tersayang di ruang keluarga.

4. Menyediakan Pencahayaan Yang Matang

Kalau membuat ruang keluarga yang menghadap ke halaman maka hal tersebut juga termasuk dengan pencahayaan. Bukaan yang bessar akan membuat sinar matahari bebas memasuki ruangan. Atur dengan menggunakan jenis gorden yang sesuai untuk kebutuhan tersebut. Jenis gorden yang ringan akan bisa jadi pilihan untuk secara samar masih bisa melihat keluar namun tidak terlalu menyilaukan jadi nyaman untuk dipandang seharian tanpa merusak mata.

5. Minim Dekorasi

Sebagai pemandangan asri tentu memberikan fokus pada area tersebut adalah langkah yang paling pas. Kalau menempatkan terlalu banyak dekorasi di sisi dinding lainnya maka ruangan akan jadi penuh sesak dan memberikan kesan tidak nyaman. Hindari dekorasi berlebihan yang mengalakan pemandangan halaman yang menyejukan.

Tidak sulit membuat desain arsitektural yang dapat menikmati pemandangan di halaman dari kenyamanan ruang keluarga. Tentu hal tersebut berarti hari dimulai dari awal membangun rumah. Karena penempatannya sangat mendasar dan perlu perencanaan yang matang. Semua elemen pendukungnya tidak akan berfungsi dengan baik bila tidak direncanaan dari awal sekali.