Folding Door, Pintu Sekaligus Pembatas yang Unik dan Dekoratif

Dekorasi

Membuat ruang baru yang bukan merupakan ruang privat dalam rumah, tak perlu sampai melakukan renovasi bangunan. Hadirkan saja dinding pemisah berupa pembatas ruang atau yang lebih dikenal dengan pintu lipat.

Dengan menggunakan pintu aluminium geser sebagai penyekat tentu akan menimbulkan kesan unik dan dekoratif. Selain penggunaan aksesori atau ornamen-ornamen kecil yang dapat memberi kesan cantik, komponen lain seperti pintu sekaligus pembatas berupa pintu lipat.

Folding door juga dikenal dengan istilah sketsel yang terdiri atas dua jenis yaitu yang menggunakan sistem lipat dan sistem lurus dengan menggunakan dudukan. Penggunaanya pun berbeda, misalnya pembatas ruang di ruang pertemuan berbeda dengan pembatasan ruang rumah atau kantor.

Folding Door

Nah, untuk hunian yang memiliki ruangan tinggi, dibutuhkan pintu lipat yang terbuat dari aluminium atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan pintu aluminium geser. Penggunaan pintu tersebut bertujuan agar tiap ruangan menjadi kedap suara serta tidak mengganggu ruangan lain.

Sementara itu, untuk rumah bergaya minimalis, lebih baik menggunakan pintu lipat yang berbahan dasar kayu solid dengan lebar sekitar 50 sentimeter serta tinggi 1,75 meter. Folding door bisa digunakan sebagai pembatas antara ruang tamu dan ruang tengah atau meja makan dan bisa disesuaikan dengan keinginanAnda.

Untuk pembatas ruangan di rumah, Anda dapat menggunakan pintu lipat yang berbahan dasar kayu solid. Biasanya digunakan untuk membatasi ruang makan agar dapat difungsikan sebagai ruang makan yang lebar sehingaa dapat  disesuaikan  dengan kebutuhan jika ingin mengadakan acara makan bersama keluarga. Sementara untuk pintu lipat yang lurus dan permanen juga terbuat dari kayu. Hanya saja, pintu lipat jenis ini mempunyai tekstur yang transparan karena biasabya terdapat celah kecil atau menggunakan bahan kaca yang dapat diberi aksen berupa gambar.

Aspek Dalam Pengaplikasian Pintu Aluminium Geser

Sebelum mengaplikasikan pintu aluminium geser ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan. Pertama adalah mengenai anggaran karena anggaran tidak hanya terkait dengan pembelian partisi yang sudah jadi. Untuk biaya pemasangannya juga perlu diperhatikan. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan dengan mengukur ruangan yang hendak diberi partisi. Hal ini wajib dilakukan untuk mengurangi kesalahan dalam membangun partisi.

Kemudian yang kedua, buatlah desain sesuai dengan yang ingin Anda tampilkan untuk hunian Anda. Misalnya, apakah akan tertutup total atau hanya merupakan pembatas semu yang dapat dilihat dari ruangan lain? Lalu yang ketiga yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis material partisi. Partisi dibedakan menjadi dua yaitu permanen dan tidak permanen. Apabila partisi tidak permanen, usahakan keberadaannya tidak merusak elemen ruang yang lain seperti dinding dan lantai. Jika permanen, Anda seharusnya sudah membuat perencanaanyang matang sejak awal. Terakhir, perhatikan juga mengenai material finishing-nya yang sesuai dengan konsep desain.

Baca juga: Sangat Penting!! Inilah Tips Memilih Pintu Kaca Untuk Kantor yang Bagus

Folding door adalah solusi pintu dan pembatas ruang yang praktis serta dekoratif.. Dengan berbagai fungsi dan keunikannya akan membuat tampilan rumah Anda menjadi semakin cantik. Selain lebih multifungsi, pemasangannya pun terbilang tidak sulit dan yang pasti Anda dapat menghemat budget. Ayo, wujudkan rumah impian Anda! Semoga bermanfaat.