Inspirasi Desain Kamar Ala Jepang

Furniture

Hargatokobangunan.com  – Jepang sebuah negara yang penuh dengan inspirasi terutama dalam bidang desain interior. Banyak para desain interior Indonesia yang terinspirasi dengan gaya Jepang dalam membuat desain interior ruangan yang natural dan minimalis khususnya untuk mendesain ruang tidur. Berikut beberapa inspirasi desain interior ruang tidur ala Jepang yang minimalis dan natural.

Inspirasi Desain Ruang Tidur atau Kamar Ala Jepang ini patut anda coba.

1. Shoji, pintu geser ciri khas Negara Jepang.

Bagi anda pengemar anime atau Drama Jepang pasti sudah tidak asing lagi dengan Shoji atau pintu geser ala Jepang. Shoji merupakan pintu atau panel kayu berlapis kertas transparan yang biasa digunakan oleh penduduk Jepang. Pintu ini digunakan sebagai pemisah ruang satu dengan ruang lain. Nah bagi anda yang ingin memiliki ruang tidur atau kamar yang kental dengan gaya desain Jepang, memakai pintu shoji ini bisa menjadi satu pilihan lho. Tenang di indonesia sudah banyak jasa yang menyediakan pemasangan dan pembuatan pintu geser semacam ini. Harga pintu geser pun bervariasi mulai dari harga murah hingga mahal, tergantung dari bahan yang anda pilih.

pintu geser

Shoji di Negara Jepang biasanya memakai bahan yang terbuat dari kayu dan kertas transparan, ya kertas transparan memang mudah robek atau rusak. Bagi anda orang Indonesia yang tetap menginginkan desain shoji gaya Jepang namun yang lebih awet bisa mengantinya lho dari bahan kayu menjadi alumunium dan menggantikan bahan kertas transparan dengan bahan yang lebih awet lagi seperti memakai triplek atau seng tipis. Selain lebih awet harga pintu geser alumunium juga lebih murah lho dibandingkan dengan pintu geser dari kayu.

2. Dekat dengan alam, ciri desain interior ala Jepang.

Selain mengunakan shoji desain interior ala Jepang lain yang bisa anda contoh adalah natural atau dekat dengan alam. Ya penduduk jepang memang suka dengan suasana yang natural dan hijau. Hal ini bisa tercermin dalam desain rumah mereka yang selalu menghadirkan nuansa hijau asli dalam rumah. Bagi anda yang ingin mencoba desain interior hijau ala Jepang ini bisa meletakkan tanaman hias dalam kamar tidur anda seperti tanaman bonsai yang memang menjadi ciri khas Negara Jepang. Bila Bonsai terlalu mahal anda bisa mengantinya dengan tanaman lain. Ingat pilih tanaman yang jangan terlalu besar ya, sesuaikan dengan ukuran kamar dan jangan lupa siram tanaman tersebut ya biar tidak mati.

3. Nuansa kayu dan bambu andalan.

desain interior ala Jepang

Selain menyukai hal-hal yang berbau hijau, ciri khas lain desain interior ala Jepang adalah kayu dan bambu. Ya pasti anda pengemar anime dan drama jepang yang bertemakan Jepang kuno sudah tidak asing lagi dengan desain seperti ini, pasalnya hampir semua penduduk jepang kuno menerapkannya. Seluruh rumah mereka hampir semuanya memakai corak asli dari kayu dan bambu. Nah bagi anda yang ingin mencoba desain ala Jepang satu ini caranya cukup mudah yaitu perbanyak nuansa kayu dan bambu alami tanpa perlu mengecatnya dengan warna lain seperti merah. Gunakan warna coklat asli dari kayu dan bambu yang ada agar kesan natural lebih terasa.

Beberapa inspirasi desain kamar ala Jepang yang bisa anda gunakan. Ingat semua sesuaikan dengan budget yang anda punya ya, pilih harga pintu geser atau shoji yang murah namun berkualitas, pilih tanaman yang cocok jika diletakkan dalam kamar dan gunakan warna alami dari kayu dan bambu ya. Selamat berkreasi.