Mau Kursi Kantor Anda Awet? Pakai Tips Perawatan Ini

Furniture

Tips Perawatan Kursi Kantor

Walaupun hanya kursi kantor bukan berarti Anda tak punya kewajiban merawatnya, apalagi jika kursi digunakan setiap hari dalam jangka waktu yang lama. Sebab bisa jadi perusahaan tak punya anggaran lagi jika harus beli kursi baru ketika mengalami kerusakan. Bagaimana cara merawatnya? Ikuti tips berikut ini!

Tips Perawatan Kursi Kantor

6 Tips Ampuh Merawat Kursi Kantor

Anda memang tak perlu membersihkannya setiap hari, tapi kalau melakukan enam tips ini dijamin kursi akan terlihat selalu bersih, jauh dari debu dan kuman. Alhasil Anda pun merasakan manfaatnya, yaitu nyaman duduk dan bisa bekerja lebih fokus tanpa gangguan.

1. Gunakan Hanya Untuk Duduk

Kadang pegawai tak menyadari kalau cara mereka duduk akan merusak kursi, contohnya, duduk pada pegangan kursi yang rentan mengakibatkan kursi kantor jadi rusak dan patah, atau sering memainkannya dengan berkeliaran keliling ruangan karena dilengkapi roda pada bagian bawah kursi. Hindari hal tersebut, gunakan kursi hanya untuk duduk saat bekerja!

2. Bersihkan Sesuai Jenis Rangka

Beda bahan kursi akan beda pula cara membersihkannya, jadi Anda harus memastikan tahu rangka dan bahan pembuatan kursi agar saat membersihkan lebih tepat. contohnya, kursi dengan rangka kayu sebaiknya dibersihkan dengan cairan asam cuka atau jeruk lemon agar kualitas kayu tidak berkurang.

Sementara untuk rangka kursi yang terbuat dari besi, bersihkan dengan menggunakan lap kering, dan bahan pembersih khusus untuk besi agar tidak cepat berkarat. Begitu juga dengan rangka plastik, bisa dibersihkan lebih mudah menggunakan lain kap kering atau basah secara berkala.

3. Angkat Jika Ingin Dipindahkan

Saat ingin memindahkan kursi, baik yang menggunakan roda atau tidak sebaiknya di angkat. Agar bagian dasar kursi tidak mudah mengalami rusak akibat gesekan, ini berlaku untuk semua bahan kursi baiik itu kayu, besi ataupun plastik. dengan begitu Anda sudah berhasil menjaga keawetan kursi kantor dan menekan anggaran perawatannya.

4. Letakkan di Tempat Tepat

Jangan letakkan kursi di kawasan yang terkena matahari langsung, karena bisa berdampak pada kualitasnya. Sebab kursi untuk kantor letaknya memang di dalam kantor, beda dengan kursi outdoor yang memang didesain dan dibuat dari bahan anti cuaca ekstrim.

5. Jangan Letakkan Makanan Atau Minuman

Makan dan minumlah di pantry jika memungkinkan, kalau tidak usahakan tidak meletakkan gelas berisi minuman atau piring berisi makanan di atas kursi. Hal ini rentan membuat kursi terkena noda akibat minuman tumpah atau makanan yang berserakan, dan berakibat kursi sulit dibersihkan.

6. Manfaatkan Vacuum Cleaner

Untuk menghalau kuman seperti jamur dan kutu, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya secara berkala. Itu pun jika perusahaan menyediakan alat tersebut, jika tidak Anda bisa menyiasatinya dengan membersihkan dengan menepuk-nepuk bagian bantalan kursi sebelum digunakan.

7. Jangan Gunakan Sebagai Tempat Berdiri

Terkadang untuk mengganti bola lampu ruang kantor yang putus, Anda mungkin menggunakan kursi sebagai pijakan kaki. Stop lakukan itu, karena kursi kantor didesain untuk menopang tubuh bukan kaki. Jika dipaksakan bisa berakibat kursi patah, apalagi jika terbuat dari bahan plastik. alangkah baiknya meminjam tangga khusus, yang memang ditujukan untuk menopang kaki.

Tips di atas sudah terbukti mampu merawat kursi lebih maksimal, tak perlu biaya mahal cukup digunakan sesuai fungsi dan dibersihkan sesuai dengan bahan pembuatannya. Jadi Anda tak perlu tiap sebentar minta ganti kursi akibat ulah Anda sendiri, karena perusahaan pasti tak akan memenuhinya. Selamat mencoba